Guru Wajib Baca! Alasan Mengapa Anda Harus Mengajar di Daerah Terpencil

Saturday, December 8, 2018
Masuk Pagi, Pada zaman sekarang, tingkat pendidikan sudah sangat maju dibandingkan pada era sebelumnya. Perkembangan pendidikan yang pesat ini membuat setiap orang ingin mendapatkannya. Tetapi, perkembangan pendidikan yang pesat itu tidak menyeluruh, melainkan hanya terjadi di beberapa daerah kota-kota besar. Untuk itulah butuh tenaga yang rela mengajar di daerah terpencil.


Di daerah terpencil, dampak perkembangan pendidikan masih belum terasa. Kualitas pendidikan pada daerah pinggiran masih kurang baik. Hal itu menyebabkan tidak meratanya kualitas pendidikan. Banyak orang yang memilih untuk merantau karena di daerah mereka belum tersedia fasilitas untuk pendidikan yang memadai. Salah satu penyebabnya adalah karena kualitas pendidikan belum tersebar secara merata.

Untuk itulah penting bagi tenaga pendidik untuk mengajar di daerah terpencil. Banyak sekali
alasan kuat mengapa tenaga pendidik harus disebar di daerah terpencil di Indonesia. Apa saja
itu?

1. Memajukan Pendidikan
Jika tenaga pendidik disebar ke daerah terpencil, maka daerah-daerah tersebut akan mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Hal itu jika dilakukan secara terus menerus akan membuat kualitas pendidikan di daerah tersebut menjadi lebih baik. Para penduduk setempat bisa mengenyam pendidikan yang layak tanpa perlu repot-repot pergi ke daerah yang jauh dari tempat tinggal mereka. Dengan demikian, penduduk daerah tersebut akan lebih mudah dalam mendapatkan pendidikan.

2. Mengabdi Kepada Negara
Tugas seorang pendidik yaitu mencerdaskan generasi bangsa. Itu adalah salah satu bentuk mengabdi kepada negara. Dengan disebarnya tenaga pendidik ke daerah terpencil, maka mereka sudah mengabdi kepada negara. Selain itu, mereka juga memajukan negara dengan cara mencerdaskan para penerus bangsa. Karena tingkat pendidikan itu sangat mempengaruhi majunya suatu negara. Semakin baik sebuah pendidikan, maka semakin maju dan baik negara tersebut. Untuk itulah pentingnya tenaga pendidikan ini disebar.

3. Supaya Cepat Menjadi PNS
Bagi tenaga pendidik non-PNS, untuk menjadi PNS dengan cepat maka harus bersedia ditempatkan di tempat-tempat terpencil. Biasanya, para lulusan jurusan pendidikan akan ditempatkan terlebih dahulu sebelum resmi bertugas. Sudah maklum bahwa sebagai tenaga pendidik, untuk menjadi PNS tidaklah mudah. Banyak syarat yang harus dilalui, salah satunya yaitu bersedia bertugas di tempat terpencil.

Nah, itulah beberapa alasan kuat mengapa tenaga pendidik harus mengajar di daerah terpencil. Meski memang berat karena jauh dari keluarga serta kehidupan sebelumnya, banyak manfaat yang bisa diambil dari hal ini.

0 comments:

Post a Comment test