Mahasiswa ? Yuk Baca Beberapa Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Thursday, December 6, 2018
Masuk Pagi, Besarnya biaya kualiah saat ini, membuat sebagian mahasiswa memilih kuliah sambil kerja. kamu mungkin salah satunya, bukan? Namun, tidak sedikit pula yang mengeluh beratnya situasi yang mereka alami saat itu. Karena aktivitas pekerjaan, tidak jarang waktu belajar dan tugas kuliah jadi terabaikan.


Supaya kondisi dan situasi seperti ini bisa berjalan beriringan, mungkin kamu perlu menerapkan
beberapa tips sukses kuliah sambil kerja di bawah ini:

1. Tetapkan Prioritas dan Pandai Membagi Waktu
Hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu menetapkan sekala prioritas. Manakah yang lebih penting, kuliah atau pekerjaan? Jika status pekerjaan kamu lebih penting, maka prioritaskan waktu dan hal lainnya pada dunia kerja daripada kuliah. Akan tetapi, jika kuliah menjadi prioritas utama, maka yang perlu dilakukan adalah pandai membagi waktu diantara dua profesi kamu tersebut. jangan sampai jadwal kuliah dan pekerjaan bentrok. Atur wktu dengan lebih cermat, kapan harus mengerjakan tugas kuliah dan kapan waktunya menyelesaikan pekerjaan. Dengan demikian, kuliah dan pekerjaan kamu akan berjalan dengan lancar.

2. Carilah Pekerjaan Freelance
Tidak ada alasan, kamu sulit membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Sekarang sudah banyak peluang pekerjaan bagi mahasiswa yang sifatnya freelance (part time). Selain tidak mengganggu dan menyita waktu kuliah, pekerjaan ini cukup ringan dan bisa dikerjakan disela-sela waktu luang kamu. Pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa, diantaranya yaitu bisnis kursus private, bisnis jasa penulisan, bisnis toko online, dan bisnis jasa design grafis.

3. Pertahankan Nilai Kuliah
Meskipun aktivitas atau kegiatan kamu bercabang, jangan sampai nilai kuliahnya bermasalah. Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan, kamu mendapat nilai yang jelek. Meki sambil bekerja, tetap fokus belajar, ikuti kuis, dan kumpulkan tugas dari dosen tepat deadline. Jangan sampai kamu terlambat mengumpulkan tugas, apalagi terlambat mengikuti ujian.

4. Jaga Komitmen dan Tetap Fokus

Membangun komitmen bisa dibilang cukup mudah, yang paling sulit itu adalah mempertahankan komitmen. Untuk mendorong diri kamu agar bisa mempertahankan komitmen, cobalah dengan mencari motivasi dan masukan dari orang terdekat.

Selain itu, tetap fokus pada tujuan yang ditargetkan. Meskipun kamu kuliah sambil kerja, jika memiliki komitmen dan fokus pada tujuan yang dicita-citakan, tidak mustahil kamu akan menjadi mahasiswa yang sukses.

Jadi, bagi kamu mahasiswa / yang sedang kuliah sambil bekerja, pastikan tips di atas kamu cermati dan praktikan. Kuliah sambil bekerja? Siapa takut?! 

0 comments:

Post a Comment test