4 Langkah Untuk Menjadi Guru TK Yang Kreatif

Sunday, December 2, 2018
Masuk pagi - Menjadi guru yang kreatif tentu harapan bagi setiap tenaga pengajar termasuk guru Taman kanak-kanak (TK). Apalagi telah kita ketahui jika TK ini merupakan tempat belajar awal bagi anak. Suasananya penuh permainan dan guru harus selalu ceria. Anda yang seorang guru TK, tentu ingin mengetahui langkah-langkah menjadi guru TK yang kreatif bukan?



4 Langkah Untuk Menjadi Guru TK Yang Kreatif
Nah, Anda yang sudah penasaran dengan langkah yang harus ditempuh untuk menjadi guru TK yang kreatif simaklah beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Selalu Semangat Saat Mengajar
Agar anak menjadi termotivasi untuk giat belajar, Anda harus menyalurkan energi positif. Untuk itu Anda harus selalu semangat dalam mengajar anak didik Anda. Ciptakan suasana yang semangat dan penuh keceriaan khas dunia anak. Anak yang termotivasi untuk belajar maka tidak akan mudah mengeluh karena bosan belajar.

2. Utamakan Kebutuhan Anak
Untuk menjadi guru TK yang kreatif Anda harus mengutamakan hal apa saja yang dibutuhkan oleh anak didik Anda. Hal ini penting untuk diperhatikan karena dapat menjadi dasar penanganan terhadap anak didik Anda. Pastikan jika Anda memberikan kesempatan yang sama terhadap semua anak saat proses belajar baik mengajukan pertanyaan maupun pendapat.

3. Tegas Dan Tanggap Terhadap Anak
Ketegasan dalam proses belajar mengajar menjadi hal yang penting untuk mendisiplinkan anak. Jelaskan dengan tegas bahwa ada aturan atau batasan yang harus di taati. Pastikan Anda tegas namun tidak memberikan kesan marah-marah karena hal itu justru membuat anak takut dan minder.

4. Ciptakan Suasana Kelas Yang Nyaman Dan Aman

Cara menjadi guru TK yang kreatif adalah dengan belajar menciptakan suasana kelas yang nyaman. Saat suasana kelas mampu memberikan kenyamanan, bukan hanya anak yang terpancing untuk lebih kreatif tapi Andapun begitu. Pastikan Anda menyampaikan ide-ide yang menarik kemudian perhatikan respon yang diberikan oleh anak. Kumpulkan respon-respon tersebut untuk membuat sistem pembelajaran baru yang lebih menyenangkan.

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk menjadi guru TK yang kreatif? Jika Anda sudah
memahami dengan benar bagaimana langkah di atas, Anda bisa langsung mempraktikkannya.
Menjadi guru yang kreatif memang memerlukan banyak usaha dan juga latihan. Selamat
mencoba dan semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment test